Pagi tadi, Sabtu, 17 November 2012 MI Negeri Grogol untuk kalipertamanya mengadakan Tes IQ siswa-siswinya bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia “Pelita Harapan Bangsa”. Kegiatan ini sendiri yang direncanakan diadakan tiap tahun, dilaksanakan untuk memetakan tingkat kemampuan anak dalam berbagai aspek untuk dijadikan tolok ukur kelanjutan penanganan mereka baik pengembangan aspek kemampuan yang sudah baik atau peningkatan aspek kemampuan yang masih minim. 

Secara umum tes IQ memang diartikan sebagai tes yang digunakan untuk mengetahui tingkat inteligensi seseorang. Tes IQ ini mengukur inteligensi yang meliputi keseluruhan kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bertindak secara terarah, berpikir secara rasional, dan beradaptasi secara efektif terhadap lingkungan. Kemampuan-kemampuan yang dinilai oleh tes IQ antara lain, daya tangkap, daya ingat, minat terhadap lingkungan atau pengetahuan umum, kemampuan berbahasa,
kemampuan analisis dan sintesis dalam tataran konseptual maupun praktis, kemampuan memecahkan masalah secara konseptual maupun praktis, fleksibilitas berpikir, kemampuan konsentrasi, serta kemampuan dasar numerik atau hitung menghitung. Di harapkan, madrasah dapat memanfaatkan hasil tes IQ dengan melihat pada kekuatan dan kelemahan siswa. Jika melalui tes IQ ternyata diketahui ada kelemahan dalam kemampuan bahasa, maka bisa dirancang program yang dapat mengembangkan kemampuan bahasa untuk membantu proses belajar siswa.
Tes IQ ini sendiri dilaksanakan serentak tadi pagi mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan pelaksanaan di kelas masing-masing dengan terlebih dahulu ada sedikit pertemuan antara Guru MI N Grogol dan Pihak Pelita Harapan Bangsa membicarakan proses dan kelanjutan Tes IQ ini agar pelaksanaannya berjalan lancar dan Follow Up-nya lebih maksimal.
Sebagai info, Tes IQ ini murni gratis hasil kerjasama MI Negeri Grogol dan LPSDM PHB. Hanya saja, hasil Tes ini hanya berupa laporan untuk MI N Grogol, sedangkan wali murid yang menginginkan hasil individu dikenai biaya 10.000,- untuk ongkos cetak Sertifikat yang dikeluarkan pihak LPSDM PHB.