Hari raya Idul Adha adalah salah satu hari raya besar umat Islam di seluruh dunia. Hari raya Idul Adha sering juga disebut Ied An-nahr atau hari raya Penyembelihan Hewan Qurban. Sebagai ibadah sunnah, para umat Islam mewujudkan sebagian hartanya untuk membeli hewan kemudian dikurbankan. Misalnya, menggalang dana iuran sukarela secara kelompok  yang dikumpulkan, kemudian diwujudkan dengan hewan kurban (lembu, kambing, dll.)

Agama Islam pun telah menganjurkan, bahwasannya mewujudkan hewan kurban merupakan sebagian kewajiban yang apabila ditunaikan akan mendapat pahala dari Allah SWT.,  sebagai pembersih sebagaimana halnya zakat fitrah di bulan Ramadhan.

Di sisi lain, mewujudkan penyembelihan hewan kurban merupakan salah satu kegiatan sosial keagamaan, khususnya dalam beribadah dan hidup bermasyarakat. Kegiatan tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan dan bantuan dari beberapa pihak yang turut andil di dalamnya. Suatu contoh, sebagai peserta didik di

MI N Grogol wajib mendukung, membantu segi materi dan pikiran, serta melaksanakannya secara bersama-sama, khususnya kegiatan latihan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di lingkup sekolah.

Sebagai penggerak dan pengarahnya, Bapak/Ibu guru sekadar memberikan bimbingan dan pengarahan
prosesi pelaksanakan kegiatan tersebut. Hal tersebut mengandung maksud, agar peserta didik mampu belajar sejak dini tentang teori dan praktik dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban secara detail. Dari tahap penggalangan dana, perwujudan hewan kurban, sampai tahap pendistribusian, serta kepada orang yang berhak menerimanya. Oleh karena itu, kegiatan penyembelihan hewan kurban tersebut selain harus kita bina sejak dini juga mengandung beberapa khasanah yang sangat mulia, antara lain; melatih dan membiasakan siswa dalam kegiatan beribadah, khususnya penyembelihan kurban serta menanamkan dan menumbuhkan kesadaran diri sebagai umat

Islam dalam memberikan sebagian hartanya, yang diwujudkan sebagaimana tersebut. Hingga pada akhirnya, tercapai suatu kekhasanahan dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban hari raya Idul Adha.

MI N Grogol sendiri, karena memberikan waktu anak-anak meramaikan kurban di desa masing-masing, melaksanakan Latihan Kurban pada hari Sabtu 27 Oktober 2012 atau hari Tasyriq pertama.Untuk Pendistribusian, tahun ini lebih terkonsentrasikan di sekitar lokasi Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Grogol yaitu di dukuh Mlaran dan dukuh Grogol di Desa Grogol ditambah sedikit di dukuh Nambangan Grogol Weru, Jentir Gunung kidul, dan di wilayah kecamatan Cawas Klaten.

Dokumentasi Klik di sini