siaga-2012
-MAJU TERUS, PANTANG MUNDUR-
Salam Pramuka!
Singgahi bulan Pebruari tahun 2012, Kwarcab 11.11 Sukoharjo kembali mengadakan gawe rutinitas seleksi PESERTA SIAGA untuk maju dan berlaga mewakili Kwarcab Sukoharjo tingkat Binwil, yang akan diselenggarakan di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Latar belakang tersebut menjadi salah satu tedensi dan motivasi setiap Gugus Depan di sekolahan masing-masing, untuk peserta tergiat khususnya di kabupaten Sukoharjo.
Pada tahun ini dan tahun selanjutnya, Gugus Depan MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI GROGOL WERU dinyatakan lolos dalam seleksi Pesta Siaga tingkat Kwaran, yang dilakukan tahun kemarin. Sungguh hasil yang membanggakan! Usaha, semangat, dan tekat yang tak gentar kami upayakan demi lolos seleksi dan selanjutnya menjadi serdadu-serdadu pertiwi untuk wakili Kwaran Weru maju Pesta Siaga bulan ini. Proses kuarantina dan pembinaan kami kerahkan untuk para peserta, dari pemilihan peserta, kedisiplinan, dan kecerdasan sangat kami pertimbangkan untuk mendapatkan hasil dan memberikan kebanggaan. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah. Hilangkan rasa beban dan jangan gentar itu menjadi resep utamanya. Waktu dua bulan terakhir, kakak-kakak Pembina telah selesai memilih peserta yang siap untuk mendapatkan pembinaan sepenuhnya.
Juklak PESTA SIAGA tahun ini mengalami perbedaan dari setiap warung yang akan mereka singgahi. Hal tersebut membuat kakak-kakak Pembina harus membuat inovasi dan apresiasi baru. Perombakan dan penambahan materi di setiap warung yang baru harus segera kelar. Warung Punakawan atau wayang yang dahulu tertera, pada tahun ini berubah menjadi warung Macapat atau tetembangan jawa. Selanjutnya, pada bidang seni suara juga mengalami perombakan menjadi seni Tari beregu. Melihat dari perubahan tersebut, kakak-kakak Pembina memiliki PR baru yang harus segera dimatangkan. “Masih banyak jalan menuju Roma” begitulah pepatah menuturkannya. Setiap jalan pasti ada pangkal dan ujungnya. Bukankah begitu, Kawan?

Dua bulan terakhir ini, kami telah menyelesaikan proses kuarantina dan pembinaan kepada peserta. Mulai dari pembinaan intern (Madrasah) sekaligus perwakilan dari Pembina Sekolah Dasar. Salut dan bangga kami untuk para Pembina! Walaupun kami berbeda Instansi (kementerian agama dan kementerian pendidikan) bukan hal untuk mengahambat pembinaan kegiatan tersebut. Kekompakan, kebersamaan serta satu tujuan, demikian Beliau Drs. T. ISTANTO selaku kepala MI Negeri Grogol menandaskannya disetiap pembinaan.

Gladi bersih tahap pertama telah dilaksanakan (Rabu/22/2) di MI Negeri Grogol. Menurut rencana, akan diadakan dua kesempatan Gladi Bersih untuk memantapkan, memaksimalkan, serta mengevaluasi kemampuan peserta siaga putra. Pesta Siaga akan berlangsung di Kecamatan Tawangsari, tepatnya di SMP Negeri 1 Tawangsari Sukoharjo pada tanggal 26 Pebruari 2012. Hari sudah menanti untuk bersiap berlaga dan bertandang. Peserta Siaga akan diambil TERGIAT I dan TERGIAT II untuk maju tingkat Binwil. Oleh karena itu, marilah kita gunakan kesempatan ini untuk membuktikan bahwa kalian bisa dan membawa kebanggaan sebagai Pramuka.

Hingga pada akhirnya, kami mengucapkan terima kasih untuk kakak-kakak Pembina yang selama ini telah membimbing Peserta Siaga MI Negeri Grogol untuk mewakili maju tingkat Kwarcab tahun 2012.



Drama Siaga akan segera dimulai. Semangat, Maju Terus, Pantang Mundur!










Sukoharjo, 22 Pebruari 2012

Redaktur II

-TOAT KURNIAWAN-